Pengalaman Pertama Membuat Jamu Tradisional Kunyit Asam (Kunir Asem)

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Perkenalan saya Naura Nisrina Afifah dari SMA negeri 1 Pamotan.Disini saya akan berbagi informasi jamu dan pengalaman saya membuat jamu dalam blog ini.

         Ini adalah pengalaman pertama saya dalam membuat jamu.Jamu adalah minuman tradisional yang masih ada Sampai sekarang, sehingga disebut dengan jamu tradisional.Karena berhubung saya diberi tugas dalam rangka membuat jamu tradisional maka ini adalah pengalaman pertama saya.
   
           Pagi itu saya memberi tahu kepada ibu saya bahwa saya mendapat tugas dari sekolah membuat jamu tradisional.Karena saya tidak tahu cara membuat dan bahan apa yang digunakan jadi saya bertanya kepadanya.Ternyata jamu tradisional pembuatan dan bahan sangat mudah.Karena saya sudah berencana akan membuat jamu tradisional kunyit asam ibu memberi tahu saya bahan yang digunakan adalah kunyit,asam Jawa,gula pasir,gula Jawa (gula merah)dan garam.

             Cara membuat jamu tradisional kunyit asam ada berbagai cara yaitu kunyit bisa digeprek,diparut,dan dihaluskan.Saya membuat jamu kunyit asam dengan cara kunyitnya digeprek.Bahan yang digunakan harus seimbang dengan bahan yang lain.Setelah kunyit yang digeprek masukkan kunyit, asam Jawa ,gula pasir, gula Jawa dan garam ke dalam rebusan air.Aduk hingga berubah warna kecoklatan.Setelah mendidih saring jamu agar tidak tercampur dengan bahan jamu.Jamu kunyit asam siap dihidangkan.

             Manfaat jamu kunyit asam sangat banyak seperti: Meningkatkan daya tahan tubuh,Mengatur gula darah,Mencegah resiko kanker,Menekan resiko komplikasi jantung,meredakan haid dan masih banyak lagi.

              Minuman kunir asam merupakan perpaduan antara kunyit dan asam jawa yang diolah sebagai jamu tradisional. Jamu merupakan obat tradisional yang bisa menyembuhkan berbagai gangguan kesehatan. Jamu juga bisa dikonsumsi untuk mencegah serangan berbagai penyakit atau sekadar menyegarkan tubuh.Jamu tidak hanya ada satu jenis ada berbagai jenis jamu seperti jamu kunyit asam (kunir asem),jamu beras kencur,temulawak dan masih banyak lagi.

Postingan populer dari blog ini

Layanan Jasa Les Privat "GuruWhiz" Bersama Kami Menuju Prestasi

Profilku dan Keluargaku.